0 komentar

SISTEM PERCERNAAN MAKANAN PADA MANUSIA

Posted in materi on 9th December 2011
Proses pencernaan makanan meliputi proses mekanis dan kimiawi. Proses mekanis terjadi karena ada gerakan alat-alat pencernaan missal pengunyahan oleh gigi. Proses kimiawi melibatkan enzim-enzim pencernaan.
Alat pencernaan terdiri atas saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Saluran pencernaan manusia terdiri atas mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, dan usus besar. Sementara itu, kelenjar pencernaan menghasilkan enzim-enzim yang dibutuhkan dalam proses pencernaan. Kelenjar pencernaan terdapat di air liur atau ludah, lambung, pancreas, usus haus, dan hati.
Sistem Pencernaan Pada Manusia
Sistem Pencernaan Pada Manusia
Di dalam mulut terjadi pencernaan mekanis oleh gigi dan pencernaan kimiawi oleh enzim ptyalin atau amylase. Enzim ini berfungsi mengubah amilium menjadi maltose. Di kerongkongan terjadi gerak peristalik untuk mendorong makanan masuk ke lambung. Di lambung  terjadi pencernaan mekanis dan kimiawi. Pencernaan mekanis dilakukan dengan peremasan makanan oleh otot-otot lambung. Pencernaan secara kimiawi dibantu oleh getah lambung yang mengandung HCI, enzimm rennin, pepsinogen dan lipase. Asam lambung (HCI) berfungsi membunuh bakteri pada makanan serta mengaktifkan pepsin. Rennin berfungsi mengumpulkan kasein susu. Pepsin berfungsi memecah protein menjadi moleku-molekul peptide. Lipase (steapsin) berfungsi mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol .
Di dalam usus halus terjadi penyerapan sari-sari makanan dan pencernaan kimiawi. Pencernaan kimiawi dibantu oleh cairan empedu, getah pancreas, dan getah usus. Getah pancreas mengandung enzim lipase, tripsin dan amylase. Lipase berfungsi mencerna lemak. Tripsin berfungsi mencerna protein menjadi asam amino. Amylase berfungsi mencerna amilium.
Getah usus mengandung enzim sukrase, masltase, lactase, dan peptidase. Sukrase berfungsi mencerna sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa. Maltase berfungsii mengubah maltose menjadi glukosa. Lactase berfungsi mengubah laktosa menjadi glukosa. Peptidase berfungsi mengubah polipeptida menjadi asam amino. Di dalam usus besar terjadi penyerapan air dan garam mineral serta proses pembusukan zt-zat sisa. Zat-zat sisa ini kemudian dikeluarkan melalui anus.
System pencernaan dapat mengalami gangguan misalnya diare, sembelit, gastritis, dan appendistis. Diare merupakan gangguan system pencernaan dimana fase keluar dalam bentuk encer akibat bakteri disentri. Sembelit merupakan gangguan sistemm pencernaan yang disebabkan keterlambatan defekasi.  Grastritis merupakan gangguan system pencernaan akibat peradangan pada lapisan mukosa lambung. Appendistis merupakan peradangan pada umbai cacing.
If you like this post, please share it!
Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

No Response to " "

Posting Komentar